Senin, 10 November 2014

Jajanan Kaki Lima Lezat Yang Muncul di Drama Korea

Jajanan Kaki Lima Lezat Yang Muncul di Drama Korea




Korea memang memiliki cara yang begitu cerdas dalam memperkenalkan negeri mereka. Melalui musik K-Pop yang mempengaruhi remaja dan generasi muda di seluruh dunia serta melalui drama Korea yang hampir digilai banyak orang secara global. Dua komoditi Hallyu itu semakin banyak membuat orang di seluruh dunia ingin berkunjung ke Korea.

Tak hanya dipenuhi oleh pria-pria tampan atau wanita-wanita cantik, beberapa hal yang menarik di drama Korea adalah bagaimana cara mereka memperkenalkan makanan khas Korea beserta jajanan unik kaki lima yang membuat siapapun ingin ke sana. Akuilah, kamu pasti ingin mencoba sate ikan, Tteokbokki sampai Bungeoppang kan? Dilansir Kdramastars, ini dia jajanan kaki lima Korea yang buatmu ngiler!

1.    Odeng/Sate Ikan Goreng



Aneka olahan ikan yang digoreng ini termasuk salah satu yang populer di Korea Selatan. Banyak sekali penjaja sate-sate dengan bahan dasar ikan goreng di jalanan kota Seoul dan dinikmati oleh para pelajar atau anak muda lain. Mungkin di Indonesia,  makanan ini mirip dengan tempura.
Salah satu drama yang menampilkan kelezatan sate ikan goreng ini adalah Boys Before Flowers. Saat Goo Jun Pyo (Lee Min Ho) usai diajak ke pemandian air hangat di mana orangtua Geum Jan Di (Goo Hye Sun) bekerja. Jun Pyo yang awalnya ogah, bahkan tak bisa menghentikan menyantap bertusuk-tusuk sate ikan goreng itu.

2.    Eomuk



Eomuk juga jenis makanan yang kerap 'tampil' di drama Korea dan bisa kamu temukan di pinggir jalan. Eomuk pada dasarnya adalah ikan yang rasanya seperti daging kepiting imitasi. Penyajiannya dengan cara ditusuk dan kamu menikmati lipatan-lipatannya yang lezat. Biasanya Eomuk dinikmati dengan campuran kaldu yang dibumbui dengan lobak dan rumput laut. Ada yang bilang, Eomuk pantas dinikmati saat sedang mabuk minum Soju karena kaldu adalah penetralisir mabuk.

3.    Ramen Cup Instant



Di Korea, penjaja kaki lima mie cup memang sangat banyak sekali. Bahkan sama seperti di Indonesia, di sana juga banyak sekali mini market yang menyediakan mie cup selama 24 jam. Sehingga jika ada yang tak bisa tidur, bisa membeli mie instan cup dan memasaknya sendiri lalu duduk di depan mini market menikmati jalanan malam Seoul.

Salah satu drama yang terkenal dengan banyaknya adegan menikmati mie instant cup adalah The Heirs. Di mana Choi Young Do (Kim Woo Bin) membuat siapapun ingin memakan mie instant cup dengannya setelah itu.

4.    Bungeoppang



Kamu belum penggemar budaya dan segala hal berbau Korea jika belum pernah menikmati Bungeoppang. Yap, Bungeoppang memang sangat populer dan dijajakan di banyak warung-warung pinggiran di Seoul bahkan sudah ada di beberapa restoran atau penyedia makanan Korea di Indonesia.
Bungeoppang berbentuk seperti ikan namun diisi dengan pasta kacang. Penyajian Bungeoppang pun kini semakin beragam, mulai dari digoreng kering, digoreng gurih dan manis, disajikan ala pancake atau dengan chestnuts panggang. Yummy!

5.    Kentang Bakar Manis



Kentang bakar manis, hmm. Membayangkan saja sepertinya sudah membuat ngiler ya. Bagi kamu yang pernah menonton serial TV Bride of the Century pasti tahu makanan ini. Terutama saat Yang Jin Sung mengajari Lee Hong Ki bagaimana membuat kentang bakar manis.

Makanan ini di Korea dulu diidentikkan dengan makanan para chaebol (calon pewaris kekayaan) muda saat kecil namun kerap kali tak memiliki waktu untuk memakannya. Namun kini, jika kamu bisa jalan-jalan ke Korea, akan bisa membeli kentang bakar manis ini dan menyantapnya sembari berjalan.

6.    Mie Instan di Panci



Salah satu makanan yang kerap kali ditampilkan dalam drama Korea adalah mie instan. Yap, pada dasarnya mie instan itu sama saja seperti beberapa mie instan yang bisa kamu beli di warung-warung dekat rumahmu. Hanya saja ada beberapa drama Korea yang tampak membuat mie instan lebih sedap dimakan.

Salah satunya ialah dalam drama Boys Before Flowers. Ketika Goo Jun Pyo (Lee Min Ho), berkunjung ke kamar yang disewa Geum Jan Di (Goo Hye Sun) dan melihatnya sedang makan mie instan langsung dari panci masak. Bahkan Jun Pyo memilih memakan dari panci langsung dengan tutup panci sebagai tempat mie diletakkan sebelum masuk mulut. Tampak enak sekali kan? Murah dan lezat!

7.    Tteokbokki



Jika kamu pernah menonton drama Princess Hours, pasti tahu saat Shin Chae Kyung (Yoon Eun Hye) mengajak sang Putra Mahkota Lee Shin (Joo Ji Hoon) menikmati Tteokbokki yang dijual penjaja di gerbang sekolah mereka. Yap, di Korea, Tteokbokki memang tak ubahnya jajanan kaki lima yang dinikmati dengan harga murah.

Tteokbokki sendiri terbuat dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu Gochujang yang pedas manis. Awalnya, Tteokbokki adalah makanan istana Dinasti Joseon yang rasanya jauh berbeda dengan saat ini. Tteokbokki terdiri dari warna yang melambangkan Korea dan bisa kamu temukan di penjaja kaki lima Korea yang bernama Pojangmacha.

Info oleh: http://www.kapanlagi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar