Senin, 10 November 2014

Mengintip Kawasan Pemukiman Unik “Ihwa Village” Seoul

Mengintip Kawasan Pemukiman Unik “Ihwa Village” Seoul

Ihwa Village (photo source credit to : http://kidsfuninseoul.wordpress.com)
Ihwa Village (photo source credit to : kidsfuninseoul)
Bagi penggemar kdrama pasti sudah familiar dengan gambar diatas. Gambar lingkungan perumahan penduduk khas Korea Selatan yang letaknya dibagian atas dan terdapat tangga yang tinggi untuk mencapainya. Lingkungan perumahan penduduk seperti ini masih bisa kita dapati di kota Seoul, salah satunya di areaDaehangno. Di area ini terdapat Ihwa Village, salah satu kawasan pemukiman penduduk lama yang berada di bagian atas kota Seoul tepatnya di kaki barat gunung Naksan yang terletak di sebelah timur kota Seoul. Seperti diketahui bahwa secara geografis, kota Seoul dikelilingi oleh pegunungan. Hal inilah yang sempat membuatku takjub saat berada di sana karena meskipun berada dalam hiruk pikuk kota metropolitan yang modern, aku masih bisa melihat pegunungan dari jauh. Sebuah pemandangan yang pertama kalinya kulihat saat itu untuk sebuah lingkungan kota yang modern. Ihwa Village sendiri bukanlah tempat yang cukup familiar untuk dikunjungi bagi sebagian orang yang akan berkunjung ke Seoul, Korea Selatan. Nah, jika ingin membuat perjalananmu lebih berkesan dan sedikit beda dari biasanya, maka cobalah berkunjung ke Ihwa Village.
Sekilas tentang Ihwa Village (이화 벽화 마을)
Unik, klasik, menarik, retro, eksentrik, dan artistik…. itulah sejumlah kesan yang bisa disimpulkan tentang kawasan pemukiman ini. Ihwa Village terletak diDaehangno distrik Ihwa-dong, Jongno-gu, Seoul. Tempat ini adalah salah satu kawasan pemukiman yang dijuluki sebagai Dangdolnae atau Moon Village atau pemukiman miskin karena biasanya pemukiman seperti itu letaknya berada di lereng gunung sehingga lebih dekat dengan bulan. Kawasan ini ditandai dengan adanya tangga-tangga kecil yang curam dan tinggi yang menghubungkannya dari jalan utama ke gang-gang kecil yang dikelilingi rumah-rumah tua penduduk yang ukurannya kecil-kecil. Selain itu juga merupakan kawasan pemukiman padat penduduk dimana pengaturan jarak antara rumah yang satu dengan lainnya cukup rapat.
kawasan pemukiman di Ihwa Village (photo source credit to : seoulotraveller)
kawasan pemukiman di Ihwa Village (photo source credit to : seoulotraveller)
Di tahun 2006, Ihwa Village masuk dalam proyek revitalisasi kota Seoul dimana sekitar 60 orang yang terdiri dari sejumlah seniman dan penduduk setempat melukis kawasan itu sehingga menjadi tempat yang unik dan menarik. Dalam sekejap kawasan yang awalnya nampak kumuh berubah menjadi tempat yang menarik. Rasa lelah saat berjalan mendaki akan terobati dengan melihat lukisan-lukisan cantik yang menghiasi dinding-dinding sepanjang kawasan pemukiman Ihwa Village ini. Bukan hanya di dinding, bahkan tangga-tangga pun dilukis dengan gambar yang sangat menarik. Karena keunikan tempat ini maka tak heran pula jika tempat ini menjadi salah satu lokasi syuting kdrama populer di tahun 2012 Rooftop Prince.
Daisy Stairway at Ihwa Village, Seoul (photo source credit to to : http://asleepatheavensgate.com)
Daisy Painting Stairway at Ihwa Village, Seoul (photo source credit to to : asleepatheavensgate)
kdrama Rooftop Prince (photo source credit to : http://bazthetraveler.wordpress.com)
Rooftop Prince’s scene location (photo source credit to : bazthetraveler)
Rooftop Prince (photo source credit to : visitseoul)
Rooftop Prince’s scene location (photo source credit to : VisitSeoul)
Cara Menuju Kesini :
Petunjuk #1
  1. Naik subway menuju Hyehwa Station, Line 4 dan keluar melalui Exit 2, dan berjalan lurus sekitar 300 meter sampai melihat gambar no.1
  2. belok kiri di perempatan jalan besar & berjalan di sepanjang dinding sekolah (gambar no. 2) dan akan melewati Giverny Cafe (gambar no. 3)
  3. belok kiri dan berjalan lurus sekitar 200 meter sepanjang jalan yang menanjak sampai melihat gambar no. 4

petunjuk #1 menuju Ihwa Village (photo source credit to : seoulotraveller)
Petunjuk #2
  1. Naik subway menuju Hyehwa Station, Line 4 dan keluar melalui Exit 2, jalan lurus lalu belok kiri sesuai petunjuk jalan,
  2. berjalan lurus lagi,
  3. lurus,
  4. belok kiri dan berjalan lurus melewati jalan kecil di samping gedung SM Art Hall,
  5. berjalan lurus lalu belok kanan,
  6. berjalan lurus lagi dan belok kiri ketika melihat gedung bercat putih di depanmu,
  7.  berjalan lurus sepanjang jalan sampai pada tanjakan,
  8. setelah mendapati tanjakan lalu belok kanan,
  9. berjalan lurus lagi dan disaat yang sama akan ada petunjuk jalan yang terdapat di sebelah kiri,
  10. lalu belok kanan, dan sekitar 100 meter setelahnya kita akan mendapati lukisan dinding di sepanjang jalan Ihwa Village.

petunjuk #2 menuju Ihwa Village (photo source credit to : thinkofseoul)
Petunjuk #3
  1. Naik subway menuju Hyehwa Station, Line 4 dan keluar melalui Exit 2 yang dekat dari Marronnier Park
  2. Berjalan lurus sekitar 200 meter lalu belok kiri ke jalan Dongsung-gil
  3. Berjalan lurus sampai melihat bangunan Lock Museum
  4. Setelah berjalan sekitar 50 meter, belok kanan ke jalan Naksan Gongson-gil dan berjalan menuju arah Naksan Park
screenpic from e-book Seoul Official Tourist Guide by VisitSeoul
screenpic from e-book Seoul Official Tourist Guide by VisitSeoul
Petunjuk #4 via jalur transportasi menuju Naksan Park
  • Naik subway menuju Dongdaemun Station (Line 1, Exit 5) –> naikbus Jongro 03 dan turun di pemberhentian terakhir yang ditandai dengan tangga menuju taman ; ATAU
  • Naik subway menuju Changsin Station (Line 6, Exit 3) –> naik bus Jongro 03 dan turun di pemberhentian terakhir yang ditandai dengan tangga menuju taman.
Begitu tiba di Ihwa Village kalian akan dimanjakan dengan sejumlah lukisan dinding yang menarik perhatian dan bisa melepas rasa lelah kalian untuk bisa sampai di bagian atas yang menyajikan pemandangan cantik kota Seoul dari balik barisan dinding Seoul Fortress Wall di pegunungan Naksan yang juga dekat dari Naksan Park.
barisan Seoul Fortress Wall di pegunungan Naksan (photo source credit to : seoulotraveller)
barisan Seoul Fortress Wall di pegunungan Naksan (photo source credit to : seoulotraveller)
Tempat ini sangat tepat dikunjungi di musim semi, panas, dan gugur. Karena letaknya di kaki gunung Naksan, maka sebaiknya memakai alas kaki yang nyaman serta kondisi fisik harus prima sebab untuk mencapai tempat ini harus berjalan kaki dengan jalan yang penuh dengan pendakian. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mulai rajin berolahraga sebelum ke Korea Selatan bagi kalian yang rada jarang berolahraga. Olahraganya pun yang simpel saja, yaitu berjalan kaki. Selain bagus untuk kesehatan, juga melatih otot-otot kaki kalian agar terbiasa sebab struktur jalan di sana pada umumnya berupa tanjakan/pendakian ;)
Lukisan sayap malaikat dimana Lee Seunggi pernah berpose disini dalam perjalanannya menuju Naksan Park di acara "1 Night 2 Days" (photo source credit to : VisitSeoul)
Angel Wings Painting, dimana Lee Seunggi pernah berpose disini dalam perjalanannya menuju Naksan Park di acara “1 Night 2 Days” (photo source credit to : VisitSeoul)
fish painting stairway (photo source credit to : http://blog.aclipse.net)
fish painting stairway (photo source credit to : blog.aclipse.net)
Gambar-gambar menarik lainnya dari Ihwa Village bisa dilihat di Travellerelf  |Seoulotraveller