Senin, 17 November 2014

Seoul Metropolitan Library (Seoul City Hall)

Hampir di setiap negara terdapat gedung-gedung tua bergaya klasik atau istilah kerennya bergaya renaissance. Gedung-gedung ini mungkin dulunya dibangun ketika pengaruh barat mulai diterima di suatu negara termasuk di Korea Selatan. Gedung-gedung ini tentu saja menjadi aset sejarah dan wisata bagi pemerintah setempat. Di kota Seoul sendiri terdapat beberapa gedung berarsitektur klasik yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi saat berada di sana mengingat lokasinya pun berada di jantung kota Seoul (city of heart). So, let’s check it out…..

 Seoul Metropolitan Library (Seoul City Hall)

photo source : wikipedia
photo source : wikipedia

Gedung yang dibangun pada tahun 1926, dulunya dikenal pula sebagai Seoul City Hall yang menjadi balai kota Seoul. Gedung yang menjadi salah satu landmark kota Seoul ini berdiri kokoh di area city hall. Perpustakaan umum yang besar ini tentu saja memiliki fasilitas yang bagus pula. Pengunjung bisa masuk dengan gratis tanpa dipungut biaya karena perpustakaan ini menyediakan pula library tour di mana pengunjung akan diperkenalkan tentang fasilitas yang terdapat di perpustakaan serta bagaimana menggunakannya. Info selengkapnya di sini. Selain buku-buku, di perpustakaan ini masih menyimpan peninggalan-peninggalan dari bangunan lama karena gedung ini telah direnovasi di tahun 2007 hingga tahun 2009. Peninggalan seperti basis baja, batu bata, ubin, cetakan, engsel, pintu, dan jendela juga dipajang di lantai 3. Perpustakaan ini beroperasi setiap hari Selasa – Minggu (Senin tutup) mulai pukul 9 pagi (9 AM) hingga 9 malam (9 PM). Dan beginilah penampakan di dalam perpustakaan ini…. kerenn kan?? ;)

Seoul Metropolitan Library
photo source : visitseoul.net

Info selengkapnya –> Seoul Metropolitan Libary
Di depan gedung City Hall terdapat Seoul Plaza yang merupakan sebuah taman rumput luas berbentuk persegi dan juga sebagai salah satu situs bersejarah karena tempat ini menjadi saksi bisu diadakannya gerakan kemerdekaan di tahun 1919 dan pro demokrasi di bulan juni 1987. Seoul Plaza semakin menarik setelah direnovasi dan diresmikan di tahun 2004. Taman rumputnya yang luas digunakan sebagai sarana relaksasi untuk warga kota. Di sini juga sering diadakan event bertajuk Hi! Seoul Festival. Di musim panas (summer season) kita dapat melihat Water Fountain yang nampak seperti trotoar dan akan menyemburkan air yang sangat tinggi dari lubang lantai ketika kita berjalan di atasnya.

Seoul Plaza (Seoul City Hall)
photo source : visitseoul.net

Di musim dingin (winter season), area taman rumput di City Hall akan tertutupi oleh salju dan akhirnya digunakanlah tempat itu sebagai area bermain ice skating yang murah meriah. Cukup membayar 1000 won (sekitar Rp. 10.000,- an) dan kita bisa bermain ice skating lengkap dengan peralatannya selama sejam. Murah sekali kan??. Info selengkapnya –> Seoul Square Ice Skating Rink

ice skating rink at City Hall
photo source : KTO

Untuk menuju ke tempat ini cukup dengan menggunakan subway menuju City Hall Station (Line 1 or 2, Exit 4, 5 or 6)

 http://immaeverlastingstories.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar