Senin, 10 November 2014

Seoul Fortress Wall Walking Tour

Gambar

Korea Selatan menjadi tempat yang ideal untuk penggemar hiking karena negara ini dikelilingi oleh banyak pegunungan. Nah, bagi penggemar hiking yang sedang berada di Seoul dan berminat, bisa mencoba untuk melakukan walking tour dengan menjelajahi Seoul Fortress Wall yang berdurasi sekitar 3 jam untuk jarak tempuh 2,5km.

Seoul Fortress Wall sendiri adalah sebuah tembok benteng dengan panjang sekitar 18,2 km yang dibangun pada tahun 1396 di masa pemerintahan King Taejo dari dinasti Joseon. Benteng ini dibangun di sekitar pegunungan kecil yang mengelilingi kota Seoul yaitu Bugaksan di utara, Naksan di timur, Namsan di selatan, dan Inwangsan di barat. Seoul Fortress Wall terdiri dari delapan pintu gerbang.
Adapun cara untuk melakukan walking tour bertema hiking ini adalah sebagai berikut :
  1. Gunakan subway yang menuju ke Hanseong Univ. Station (Line 4, Exit 5).
  2. Setelah itu berjalanlah menyusuri jalan sekitar 150 m, naik bukit ke kanan yang akan mengarah ke Hyehwamun Gate (혜화문).
  3. Setelah itu kita akan melihat tembok kantor walikota Seoul, yang berdinding abu-abu besar. Belok kanan dan ikuti dinding abu-abu yang berada di atas bukit. Terus mengikuti dinding yang panjangnya sekitar 160m. Akan ada jalan yang mengarah ke kiri, tetapi kita terus saja berjalan lurus.
  4. Setelah kira-kira 175m, kita akan melihat Kyungshin Middle School (경신중학교) di sisi kiri. Berjalanlah sekitar 220m sepanjang pagar sekolah itu.
  5. Lalu berjalan lagi sekitar 160m dan akan berakhir dengan melihat sudut sebuah dinding dan tepat di seberangnya adalah Seoul Science High School (서울과학고등학교).
  6. Sebrangilah jalan dan berbelok ke kanan, mengikuti gerbang sekolah sepanjang 50m sampai melihat jalan yang menanjak ke kiri (akan ada sebuah rambu tradisional yang tampak pada kanan jalur).
  7. Dari titik itu dan seterusnya kita hanya perlu mengikuti jalur mendaki gunung dengan berjalan tepat di sebelah tembok kota kuno. Ada juga sejumlah tanda-tanda di seluruh area ini dalam bahasa Inggris serta Korea.
  8. Lalu ikuti jalan sekitar 850m sampai melihat jalan beraspal, belok kiri dan ikuti jalan menurun menuju ke Waryong Park (와룡 공원).
  9. Setelah selesai menjelajahi taman, kembali ke titik di mana terlihat jalan bertrotoar dan berjalanlah terus sepanjang jalur tersebut.
  10. Jalan itu akan mengarah naik ke atas gunung, dan bisa untuk mendaki ke Sukjeongmun Gate (숙정문) yang berjarak sekitar 1 km. Di Sukjeongman Gate rest area pengunjung asing wajib melapor dengan memperlihatkan passport dan informasi kontak.
  11. Kita akan melewati jalan yang menanjak, tikungan, dan kembali menurun, yang akan membawa kita untuk melihat sejumlah bangunan kecil. Kita akan melewati Bugaksan Mountain(북악산) yang berada di sebelah kanan sekitar 900m dan dari lereng gunung itu kita bisa melihat pemandangan kota Seoul di bagian utara.
  12. Lanjutkan berjalan sekitar 250m melewati Gokjang (곡장) dan Baegangmaru (백악 마루).
  13. Perjalanan ini akan berakhir dengan terus berjalan menuruni gunung sekitar 800m sampai melihat Changuimun Gate (창의문)
  14. Untuk kembali, teruslah berjalan mengikuti jalan menurun yang cukup terjal sampai berakhir di jalan raya. Ada sebuah halte bus di sebelah kanan dan carilah rute yang mengarah kembali ke subway station.
Jadi jika tertarik untuk melakukan tur bertema hiking  ini maka pastikan stamina kita dalam kondisi yang prima dan bawalah persediaan air minum dan makanan yang cukup karena kita tidak akan menemukan toko di sekitar tempat ini. Selain itu, setiap 200m atau lebih, kita akan melihat petugas muda yang ramah yang berpatroli di wilayah ini. Mereka ditugaskan untuk mengingatkan kita bahwa tempat ini terletak di sebelah utara kediaman Presiden Korea Selatan dan hanya berjarak sekitar 2 jam dari perbatasan Korea Utara sehingga ada beberapa tempat di mana kita tidak bisa mengambil gambar (berfoto).